Kamis, 08 Desember 2011

~I Menjadi lebih Bijaksana I~



mengetahui dan memahami tentang keseimbangan, keseimbangan antara kemarahan dan kesabaran, kejahatan dan kebaikan, ketakutan dan keberanian, kekecewaan dan kebanggaan, kebohongan dan kebenaran.


Menjadi lebih bijaksana bukan berarti saya lebih bijaksana dari anda, mungkin justru sebaliknya.

Menjadi lebih bijaksana artinya ingin menjadi lebih manusiawi. 

Bijaksana adalah memahami tetang keseimbangan. Memahami kejahatan dan kebaikan, memahami kemarahan dan kesabaran, memahami ketakutan dan keberanian, memahami orang lain dan diri sendiri.

Bijaksana adalah keadaan di mana jiwa selalu tenang dan berpikir jernih sebelum berucap dan bertindak. Orang yang bijaksana dapat menentukan sikap secara mandiri dan tidak terlalu mudah terperangkap oleh pandangan dangkal orang lain.
Orang yang bijaksana memiliki pandangan yang jauh terhadap sebuah masalah. Mereka biasanya selalu melihat masalah dalam konteks yang luas, tidak berpikir sempit.

Bijaksana berarti juga mengetahui. Mengetahui tentang keinginan, kebutuhan, hasrat, keindahan dan kecantikan.Mengetahui adalah anugrah yang harus dipikul dengan tanggung jawab yang besar. Ketika anda mengetahui sifat buruk teman ataupun pasangan anda, itu memerlukan kebesaran hati, dibandingkan tidak mengetahuinya.
Tapi menjadi lebih bijaksana akan mendapatkan keuntungan yang tidak terkira. Ini adalah hukum alam dari perbuatan. Siapa yang menanam dia yang akan menuai, siapa yang menabur angin akan menuai badai.Ketika seseorang menabur kebaikan akan mendapatkan kebaikan, ketika seseorang menabur kebijaksanaan akan menjadi lebih bijaksana.
Saya belum bijaksana untuk itu saya akan menabur kebijaksanaan yang dikumpulkan dari kehidupan saya dan kehidupan orang lain, agar saya menjadi lebih bijaksana, setidaknya saya akan menjadi lebih manusiawi.

dikutip dari

lebihbijaksana.blogdetik.com/index.php/bijaksana/

majalah.hidayatullah.com/?p=2575

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Karyo

Foto saya
I'm just ordinary people ... Manusia Biasa dengan segala keterbatasan dan kekurangan